Meningkatkan Nilai Tambah Ubi Jalar Melalui Kelompok Tani Hurip
Posted on: April 4, 2019, by : kiosgapoktan

poktan-hurip-ubi-jalar

Kelompok Tani Hurip (Poktan Hurip) adalah salah satu kelompok yang ada di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Kelompok yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Bastari merupakan kelompok yang menjadikan ubi jalar sebagai komoditas unggulan yang diusahakan anggotanya.

Poktan Hurip beranggotakan kurang lebih 61 orang petani (berdasarkan data pengajuan RDKK 2019) dengan kelas kelompok Utama. Penilaian ini bukanlah hanya formalitas semata karena Poktan Hurip telah mampu memberikan nilai tambah pada komoditas ubi jalar melalui inovasi yang dihadirkan yaitu mengubah ubi jalar segar menjadi tepung ubi jalar.

Baca ini yuk: Tepung Ubi Jalar Hurip

tepung-ubi-jalar

Poktan Hurip telah menandatangani MOU dengan UD Apo Ranju dalam pengiriman ubi jalar segar untuk keperluan pembuatan saos cabai. Hampir setiap bulannya Poktan Hurip mengirimkan ubi jalar segar yang sudah dikupas sebanyak kurang lebih 50 ton sesuai permintaan.

Ada beberapa kriteria yang diminta oleh pabrik untuk pengiriman ubi jalar segar. Bagi ubi jalar yang tidak masuk ke dalam kriteria namun masih memiliki kualitas yang baik, maka akan dikumpulkan dan diolah menjadi tepung ubi jalar sehingga meminimalisir jumlah ubi jalar yang tidak terpakai.

poktan-hurip-ubi-jalar

Selanjutnya tepung ubi jalar ini kemudian diolah menjadi produk pangan lokal bekerja sama dengan kelompok wanita tani (KWT) khususnya KWT Melati yang mengolah tepung ubi jalar menjadi brownies ubi jalar serta muffin ubi jalar.

Kedepannya, Poktan Ubi Jalar akan mengembangkan produk lainnya dengan menggunakan bahan ubi jalar seperti mengembangkan teh daun ubi jalar yang ternyata memiliki khasiat. Hanya saja saat ini produk tersebut masih dalam tahap pengujian.

Itulah sebabnya Poktan Hurip masuk ke dalam kelas kelompok utama karena mampu mengusahakan secara komersial melalui penerapan teknologi secara cermat dan khusus serta komoditas yang diusahakan merupakan komoditas pilihan sesuai dengan peluang pasar dan permintaan masyarakat. Selain itu, sistem pengusahaanya telah menjamin hubungan kerja sama dan kemitraan seluruh pihak melalui perjanjian dan kesepakatan tertulis.

Semoga kedepannya Poktan Hurip semakin maju bersama dengan meningkatknya kesejahteraan para anggota.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *