KWT Mawar, Kompak Mengembangkan Pemupukan Modal
Posted on: April 5, 2019, by : kiosgapoktan

kwt-mawar

Meskipun belum seberhasil seniornya, kelompok wanita tani (KWT) Mawar cukup kompak dalam aktivitas bulanan yang dilakukan oleh anggota serta pengurus. Jumlah anggota yang lebih sedikit, tidak menjadikan mereka patah semangat untuk maju. KWT Mawar hadir menjadi penyokong Poktan Setia yang menjadikan komoditas singkong sebagai komoditas utama.

Kelompok ini sering melakukan pertemuan kelompok yang dilakukan rutin hampir setiap bulannya. Pada pertemuan kelompok, anggota dan pengurus melakukan pemupukan modal sesuai komitmen awal yaitu melalui tabungan dan juga arisan. Tabungan yang terkumpul kemudian dijadikan sebagai simpan pinjam yang hanya boleh diakses oleh anggota. Berkat pemupukan modal tersebut, keperluan permodalan anggota menjadi cukup terbantu.

Kemudian sebagai penyokong Poktan Setia yang menjadikan singkong sebagai komoditas utama, KWT Mawar juga turut membantu dalam proses pembuatan tepung mocaf. Selain itu, secara bertahap anggota KWT Mawar juga sudah mulai membuat produk berbahan tepung mocaf yaitu Nastar Mocaf dan Bolu Mocaf yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan.

nastar-mocaf

KWT Mawar juga mencoba merambah melakukan olahan ubi jalar ungu dengan membuat cemilan berupa kembang goyang ubi ungu dan keripik ubi jalar ungu yang rasanya manis. Sayangnya produk ini hanya diproduksi apabila ada permintaan sehingga belum tersedia secara kontinyu.

kwt-mawar

Selain mengusahakan permodalan dan produk olahan, KWT Mawar juga mengusahakan pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayuran daun serta bumbu dapur. Awalnya kelompok ini memang lebih cenderung memanfaatkan pekarangan daripada menghasilkan produk. Namun seiring berjalannya waktu, kedua hal tersebut dapat dijalani secara beriringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *