Kelompok Tani Setia, Mengubah Singkong Menjadi Lebih Istimewa
Posted on: April 4, 2019, by : kiosgapoktan

poktan-setia-tepung-mocaf

Salah satu kelompok tani yang ada di Desa Cikarawang adalah Kelompok Tani Setia (Poktan Setia). Kelompok tani ini menjadikan ubi kayu atau singkong sebagai komoditas unggulan. Pemilihan komoditas ini bukanlah tanpa sebab, selalin karena memang sudah memiliki pasar, kondisi agroekosistem yang berada di lahan kelompok memang cenderung lebih cocok untuk penanaman palawija khususnya singkong.

Poktan Setia beranggotakan kurang lebih 19 orang (berdasarkan data pengajuan RDKK 2019) dengan kelas kelompok Lanjut. Poktan Setia mampu melihat peluang pasar lebih mendalam dengan memberikan nilai tambah pada komoditas singkong yaitu mengubahnya menjadi tepung mocaf yang sedang trend sebagai pengganti gandum dan terigu.

kelompok-tani-setia-tepung-mocaf

Poktan Setia sendiri mampu menghasilkan kurang lebih 20 ton singkong per bulan. Hasil panen segar ini juga sudah dilirik oleh Green Hope (dulunya PT Tirta Marta) yang mengolah aci singkong menjadi kantong plasting ramah lingkungan (biodegradable) berlabel Ecoplas.

Demi terpenuhinya kebutuhan aci singkong ini, Poktan Setia telah melakukan MOU dengan PT Tirta Marta sejak tahun 2012 lalu. Poktan Setia wajib mengirimkan sebanyak 2 ton singkong segar kepada PT Tirta Marta untuk selanjutnya diolah menjadi aci dan dibuat menjadi Ecoplas.

Kelebihan hasil panen segar singkong ataupun umbi singkong yang berukuran kecil namun masih memiliki kualitas yang baik, selanjutnya diolah menjadi tepung mocaf yang merupakan modifikasi tepung singkong yang telah difermentasi.

Baca ini yuk: Tepung Mocaf Setia

tepung-mocaf-

Tepung mocaf ini memiliki tekstur yang halus sehingga dapat menggantikan kecanduan akan terigu. Dengan demikian cita-cita untuk menggunakan produk pangan lokal non terigu dapat tercapai sehingga secara tidak langsung, Poktan Setia telah mendukung pemerintah dalam diversifikasi pangan.

Untuk kebutuhan tepung mocaf sendiri, Poktan Setia telah mampu menghasilkan tepung mocaf sebanyak 3 ton per bulan dengan konsumen para pelaku UKM sejabodetabek.

Hasil dari tepung mocaf ini juga diolah menjadi produk pangan yang dikelola oleh KWT Mawar dalam bentuk Nastar Mocav dan KWT Dahlia dalam bentuk Pangsit Mocaf serta Brownies Mocaf.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *